Penentuan dan Pengukuran Arah Kiblat Untuk Rencana Pembangunan Musholla di PA Buntok oleh Tim KUA Dusun Selatan dengan Pengadilan Agama Buntok

79

PA. Buntok | Jum’at 20 Agustus 2021. Tim Kalibrasi, Ukur Arah Kiblat Mushola Pengadilan Agama Buntok.
Di lokasi pembangunan yang di hadiri langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Buntok ( Mustolih, S.H,I), Sekretaris ( Abdul Wahid S.H) dan di dampingi para Hakim meyambut kedatangam tim kalibarasi untuk mengukur arah kiblat Mushola Pengadilan Agama, tim terdiri dari ketua Tim Kalibarasi Fauzan Muttaqin dan sejumlah staf dari KUA Dusun Selatan, Waluyo Utomo dan Hafiji, melakukan pengukuran menggunakan kompas, data lintang dan bujur dengan menggunakan rumus spherical trigonometri dan kompas arah kiblat.
Dalam kesempatan ini, H Tuaini ( ketua Tim) menyampaikan pengukuran arah kiblat ini adalah sesuatu yang penting karena ini adalah merupakan hal pertama sebelum membangun tempat ibadah supaya tidak salah dalam berkiblat.
“Dengan dilakukan pengukuran arah kiblat ini, mudah mudahan Mushola cepat terbangun guna memberikan kenyamanan bagi pegawai yang ingin melaksanakan ibadah nantinya,” katanya.
Dirinya juga mengatakan, setelah dilakukan pengukuran hasilnya akan dilaporkan ke Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah untuk dimasukkan ke aplikasi yang bernama Sistem Informasi Hisab dan Rukyat (SIHAT).
“Selain bukti tertulis, kami juga akan melaporkan semua masjid atau musholla yang telah dilakukan pengukuran arah kiblatnya di aplikasi SIHAT, nantinya bisa dicek berapa derajatnya serta beberapa data lainnya,” ungkap H Tuaini.
Pengukuran disaksikan langsung oleh Ketua, Hakim, Sekretaris, Panetra dan sejumlah PPNPN Pengadilan Agama Buntok. Usai pengukuran, dilanjutkan penandatangan berita acara sebagai bahan bukti telah dilaksanakannya pengukuran arah kiblat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Klik Disini ya
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?