Paparkan Hasil, Hakim Pengawas Bidang Pa Buntok: Pengawasan Untuk Peningkatan Kinerja Aparatur

29

Buntok – Memasuki triwulan kedua tahun 2021, Pengadilan Agama Buntok melakukan ekspose hasil pengawasan dari Hakim Pengawas Bidang pada tanggal 22 April 2021. Ekspose hasil pengawasan rutin ini berdasarkan pengawasan yang dilakukan pada pertengahan April 2021. Ekspose tersebut dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Buntok, baik dari jajaran kesekretariatan, kepaniteraan, maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Pengawasan tersebut menemukan beberapa poin yang perlu dilakukan perbaikan, penyempurnaan, dan inovasi dalam setiap bidangnya. “Temuan dalam pengawasan bukan berarti selalu ada kesalahan dalam bekerja, tetapi temuan tersebut harus dipahami bahwa semangat memperbaiki diri tetap ada. Prinsip hari ini harus lebih baik dari kemarin, tetap dimiliki oleh setiap insan pengadilan dan proses peningkatan kerja aparatur terus berlangsung.” ucap Abdulloh Mubarok dalam sambutannya sebagai kordinator pengawasan.

Kebersihan lingkungan kantor menjadi salah satu konsen pengawasan kali ini. Utamanya wilayah pelayanan publik harus sudah bersih dan siap sebelum jam kerja kantor dimulai. “Untuk PPNPN yang mendapat tugas membersihkan wilayah pelayanan publik seperti ruang PTSP dan ruang tunggu sidang, harus datang lebih awal sehingga ketika jam kerja dimulai, kedua ruangan tersebut benar-benar telah siap.” tambah Muhammad Najid Aufar saat menyampaikan temuannya dalam bidang kesekretariatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama untuk memperbaiki seluruh temuan oleh Sekretaris dan Panitera Pengadilan Agama Buntok, sebagai perwakilan seluruh pegawai. Mewakili hakim pengawas bidang adalah kordinator pengawasan. Penandatangan tersebut dihadapan Ketua PA Buntok.

Perlu diketahui pembaca, pengawasan bidang di lingkungan PA Buntok yang dilakukan oleh hakim pengawas merupakan pengawasan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Pengawasan tersebut meliputi manajemen peradilan, administrasi perkara, kepaniteraan, dan kesekretariatan. Adapun hakim pengawas bidang secara ex-officio dijabat oleh hakim di lingkungan PA Buntok.

Ketua Pengadilan Agama Buntok, Mustolich, S.H.I., dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlu adanya duta pelayanan. Duta pelayanan tersebut bertugas menyambut setiap pengunjung yang datang ke PA Buntok dan kemudian mengarahkan kepada pihak yang berkepentingan. “Untuk meningkatkan pelayanan kita, perlu ditunjuk petugas sebagai Duta Pelayanan. Duta Pelayanan ini merupakan ujung tombak dan etalase pelayanan publik dari PA Buntok. Namanya juga Duta Pelayanan. Ia akan memberikan pelayanan yang prima. Oleh karena itu, saya berharap perlu adanya Dididik Di Tempat Kerja untuk seluruh Duta Pelayanan yang akan ditunjuk tersebut.” Ketua PA Buntok menutup sambutannya tersebut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Klik Disini ya
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?