Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Buntok mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada Seluruh Wanita dengan Kultum Peran Wanita Meneladani Aisyah ra dan R.A. Kartini

88

PA | Buntok. Hari Rabu, tanggal 21 April 2021 M / 9 Ramadhon 1442 H Dengan memanfaatkan sela waktu persidangan (skorsing) seluruh Aparatur Pengadilan Agama Buntok dimulai dari Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris Pegawai Pengadilan Agama Buntok sampai (PPNPN) melaksanakan sholat dzuhur berjamaah.

Selepas sholat dzuhur dilanjutkan dengan kegiatan kultum (kuliah tujuh menit) yang pada kesempatan kali ini selaku Moderator Hidayati (PPNPN) Narasumber oleh Hj. Tina Rofiqoh, S.H (Panitera Muda Permohonan) Pengadilan Agama Buntok dalam kesempatan itu beliau meyampaika dengan tema WANITA karena bertepatan dengan Hari Kartini 21 April.

Kebetulan hari ini tertanggal 21 april oleh bangsa kita diperingati sebagai hari kartini.
Kalau kita melihat memaknai dari pada tanggal 21 April tersebut mengandung arti bahwa angka dua merupakan symbol daripada perempuan itu, bahwa perempuan mempunyai peran ganda satu berperan didalam mengatur rumah tangga dan kedua dapat berkarir diluar rumah, makna angka satu berikutnya adalah sebagai satu2nya pendamping suami yang setia yang tidak mengenal poliandri.
Sedangkan bulan April dimaknai bahwa perempuan itu mempunyai 4 sifat Amanah (perempuan bisa menjaga amanah yg diberikan baik anak maupun harta yg dititipkan suaminya), Penyayang (menyayangi anggota keluarga dengan setulus hati), Rela(mampu berkorban) , Ikhlas (hanya mengharap ridho Allah SWT);

Inilah yang diharapkan dari Sosok RA Kartini sebagai pelopor emansipasi wanita bangsa ini dengan bukunya “ habis gelap terbitlah terang” dimana beliau juga mengutip dari ayat suci ayat suci Alquran “Minadzulumati ilannur”(Q.S:2:257)
Terlepas dari sosok RA kartini bagi bangsa ini, Perlu dipahami juga bahwa kejayaan Islam di zaman Rasulullah tidak terlepas dari peran seorang perempuan, diantaranya adalah Sayyidah Aisyah. Peranan Siti Aisyah dalam duahal pertama domestik (mengurus rumah tangga) dan kedua publik (menjadi perawi hadis yang paling banyak) patut menjadi acuan dan contoh bagi perempuan zaman now. Dimana beliau bisa menyeimbangkan perannya sebagai istri yang ideal yakni mengurus rumah tangga serta berbakti kepada suami maupun dalam hal publik berkarir atau menjadi pejabat publik.
Muslimah merupakan identitas mulia yang diberikan Allah SWT kepada kaum perempuan yang beriman. Selain itu perempuan merupakan ujung tombak yang nantinya akan melahirkan generasi-generasi emas di masa depan. Dari mereka pula lahirlah generasi yang cerdas, bermartabat dan berkarakter. Karena muslimah merupakan ibu dan madrasah pertama bagi anak-anaknya, karena anak yang berkarakter itu terlahir dari ibu yang cerdas dan berakhlakul karimah. Namun, untuk menjadi muslimah millenial yang baik tidaklah mudah, tantangan dan ujian yang dihadapinya semakin berat seiring dengan perkembangan zaman.

Pada era millennial ini muslimah harus cerdas dalam menata kehidupan agar selamat di dunia dan di akhirat. Karena begitu banyak tantangan muslimah seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi masa kini, khususnya lingkungan, gaya hidup dan media sosial. sebagai perempuan harus pintar menjaga diri, lisan dan tingkah laku. Karena setiap gerak kita dinilai oleh sang Kholiq. untuk itu tepat kiranya pada bulan ramadhan ini kita berharap agar bisa berhijrah menjadi lebih baik lagi dan berdoa semoga hijrahnya bisa istiqomah karena menjaga keistiqomahan itu sulitnya luar biasa.

Sama halnya dalam menjalani hidup, pasti ada sebuah keputusan besar yang harus kita ambil kemudian kita jalani. Seperti misalnya, saat seseorang jatuh cinta. Pasti memerlukan proses pendekatan, untuk dicintai kita harus dekat dulu apalagi kita mengharapkan cinta dari sang khaliq…memerlukan pendekatan yang ikhlas dan selalu mengharap ridhoNya;
Semoga kita smua bisa digolongkan kedalam orang2 yang selalu istiqomah dan kelak kita bisa dikumpulkan dalam surgaNYA Allah Aamiin.


Demikian sedikit obrolan dan bukan bermaksud menceramahi bp/ibu semua, saya sebagai manusia yg banyak dosa dan khilaf sangat jauh dari kesempurnaan, karena kesempurnaan hanya milik Allah Aza Wazalla. Mohon maaf bila ada kekurangan dan salah kata, billahi taufik walhidayah wassalamu’alaikum salam wr.wb. tutur belia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Klik Disini ya
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?