PA BUNTOK MELAKUKAN INOVASI GERPELMAS, MASYARAKAT MENYAMBUT DENGAN ANTUSIAS

113

Buntok – Inovasi yang dilakukan Pengadilan Agama Buntok (PA Buntok) selalu bertambah setiap tahunnya. Kali ini, inovasi tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pengadilan. Gerakan Pelayanan Masyarakat disingkat Gerpelmas menjadi inovasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang berada di daerah terluar atau yang sulit dijangkau transportasi. “Kita bertekad untuk memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk mengakses Pengadilan. Tim kita  yang turun ke masyarakat,” ujar Mustolich, S.H.I., Ketua PA Buntok.

Gerpelmas kali ini dilaksanakan di Desa Muka Haji, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan pada hari Kamis tanggal 18 Maret 2021. Ketua PA Buntok mengirim tim berjumlah 4 (empat) orang untuk memberikan pelayanan. Tim dipimpin langsung oleh Panitera PA Buntok, Ibramsyah, S.H. Panitera juga didampingi H. Hasan sebagai Jurusita PA Buntok serta dua staf kepaniteraan yakni Fuad Syaikhani, S.H. dan Sumarna, S.Pd.I. tim berangkat menggunakan mobil.

Setelah melakukan perjalanan sekitar dua jam, tim akhirnya sampai di kantor Kecamatan Gunung Bintang Awai. Perjalanan yang penuh tantangan, baru akan dimulai. Jalan licin, tidak beraspal, sempit dan baru saja terkena guyuran air hujan. Beruntung ada 4 (empat) orang petugas Desa Muka Haji yang menjemput dengan menggunakan sepeda motor. Dan perjalanan pun dilanjutkan menggunakan sepeda motor mengingat medan yang sulit terlewati kalau menggunakan mobil.

Tiga puluh menit perjalanan dengan motor, tim akhirnya tiba di lokasi pelayanan, yakni di kantor Desa Muka Haji, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan. Tim disambut langsung oleh Kepala Desa Muka Haji, Muhammad Tahir Mh, dan masyarakat yang ingin berkonsultasi dengan PA Buntok.

“Kami dari pihak Pemerintah Desa memang berusaha mempermudah masyarakat. Alhamdulillah PA Buntok bersedia untuk hadir di kelurahan kami, sehingga kami tidak perlu datang langsung ke kota Buntok, mengingat besarnya biaya jika harus datang ke Buntok.” Ucap Kepala Desa Muka Haji dalam menyambut tim dari PA Buntok.

Di kantor Desa Muka Haji , sudah banyak masyarakat yang menunggu untuk berkonsultasi dengan PA Buntok. Wajah-wajah itu terlihat sangat antusias. Bapak Ibramsyah mengatakan dalam kesempatan kali ini, masyarakat dapat berkonsultasi secara langsung dengan Pengadilan Agama Buntok. “Alhamdulillah masyarakat sangat antusias atas inovasi dari PA Buntok ini, karena masyarakat menjadi mudah untuk menjangkau PA Buntok.” ujar bapak Ibramsyah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Klik Disini ya
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?