Mari Kita Turut Bahagiakan Orang Lain Agar Kebahagiaan Datang Juga Kepada Kita, Bintal (Pembinaan Mental) Rabu, 22 Juni 2022

15

Buntok | 22 Juni 2022. Hari rabu ini setelah shalat dhuhur berjamaah, seluruh pegawai berkumpul di musala At taawun yang berlokasi di area kantor Pengadilan Agama Buntok. Agenda siang ini adalah Bintal (Bimbingan Mental) dengan pengisi materi Ketua Pengadilan Agama Buntok, Mustolich, S.H.I. Sedangkan sebagai pembawa acara adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Buntok, Dr. Dani Ramdani, S.H.I., M.H. Pada materi singkatnya, beliau mengingatkan agar kita selalu masuk dalam golongan hamba-Nya yang selalu takut pada-Nya dan selalu menjauhi larangan-Nya karena sesungguhnya siksa Allah sangat pedih. Tema kali ini mengenai kebahagiaan, lanjutnya, bahwa kebahagiaan kita hakikatnya terkadang datang ketika kita membahagiakan orang lain juga, sebagai bahan renungan yaitu bahwa ada seorang guru/ trainer yang pernah membawa balon ke sekolah, menyuruh murid-muridnya untuk meniup dan menuliskan nama mereka masing-masing di tiap balon. Setelah anak-anak melemparkan balon mereka ke aula, guru/ trainer itu bergerak ke aula untuk mencampur semuanya. Selanjutnya anak-anak diberi waktu lima menit untuk menemukan balon dengan nama mereka di atasnya, tetapi meskipun mereka mencari dengan panik, tidak ada yang menemukan balon mereka sendiri. Kemudian guru/ trainer tersebut menyuruh mereka untuk mengambil balon yang paling dekat dengan mereka dan memberikannya kepada orang yang namanya tertera di atasnya. Dalam waktu kurang dari dua menit, semua orang memegang balonnya sendiri. Guru/ trainer tersebut berkata kepada anak-anak ini, “Balon-balon ini seperti kebahagiaan. Engkau tidak akan menemukannya ketika dirimu hanya mencari milikmu sendiri. Tapi jika kita peduli dengan memberi kebahagiaan orang lain … itu pada akhirnya akan membantu kita menemukan kebahagiaan kita sendiri. Demikianlah terkadang kita terlalu fokus pada kebahagiaan kita sendiri maka kita tidak akan menemukan kebahagiaan itu sendiri, namun jika kita ikut membahagiakan orang lain, maka kebahagiaan itu yang akan datang kepada kita.

Bintal (Pembinaan Mental) sendiri merupakan kegiatan di Pengadilan Agama Buntok yang diadakan setiap hari rabu yaitu semacam kultum yang dilakukan setelah shalat dhuhur berjamaah di musala Pengadilan Agama Buntok. Adapun untuk pengisi materi dilakukan secara bergiliran oleh pegawai. Dengan adanya kegiatan Bintal ini maka diharapkan akan dapat memberikan semacam penyegaran rohani, menjadikan penyejuk dikala kesibukan aktifitas pekerjaan dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi para pegawai.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Klik Disini ya
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?