Lagi, Pengadilan Agama Buntok berhasil melaksanakan eksekusi dengan kesepakatan perdamaian

63

Lagi, Pengadilan Agama Buntok berhasil melaksanakan eksekusi dengan kesepakatan perdamaian

Untuk kedua kalinya, Pengadilan Agama Buntok berhasil menyelesaikan permohonan eksekusi. Setelah pada bulan Februari Pengadilan Agama Buntok berhasil menyelesaikan perkara eksekusi mengenai nafkah anak, maka pada hari Senin, tanggal 21 Maret 2022 Pengadilan Agama Buntok juga berhasil menyelesaikan perkara eksekusi lagi yaitu perkara nomor 2/Pdt.Eks/2022/PA.Btk.

Permohonan Eksekusi ini berawal dari Putusan perkara gugatan Harta Bersama Nomor 108/Pdt.G/2020/PA  Btk yang telah diputus pada  tanggal  13 Januari 2021. Putusan tersebut kemudian dimohonkan banding dan diputus oleh PTA Palangkaraya dengan menguatkan Putusan Pengadilan Agama Buntok sebagaimana dalam Putusan Pengadilan Tinggi  Agama Palangkaraya  Nomor   7/Pdt.G/2021   tanggal  16 Maret 2021. Selanjutnya Pembanding mengajukan Kasasi dan telah diputuskan oleh Mahkamah Agung pada tanggal 14 September 2021 yaitu menolak kasasi Pemohon;

Setelah permohonan eksekusi didaftarkan maka Ketua Pengadilan Agama Buntok menetapkan sidang aanmaning. Ketua Pengadilan Agama Buntok Mustolich, S.H.I., M.H, mengatakan bahwa perkara eksekusi ini adalah perkara yang cukup unik, karena bangunan obyek sengketa berada diatas tanah milik orang lain sehingga sedapat mungkin permohonan eksekusi ini bisa dilakukan secara damai dan dilakukan secara sukarela. “Setelah negosiasi yang alot,  alhamdulillah para pihak telah sepakat damai, dengan cara salah satu pihak memberi konpensasi sejumlah uang kepada pihak lain, sehingga eksekusi dinyatakan telah selesai, dilaksanakan secara sukarela” ujar Mustolich.

Eksekusi dalam perkara perdata merupakan proses yang melelahkan, menyita energi, biaya dan pikiran. Putusan perdata belum memiliki makna apapun ketika pihak yang dikalahkan tidak bersedia menjalankan putusan tersebut. Suatu prestasi yang membanggakan karena Pengadilan Agama Buntok telah berhasil menyelesaikan seluruh perkara permohonan eksekusi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Klik Disini ya
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?