Dengan Berpuasa, Ketua Zona Integritas Mengajak Seluruh Pegawai untuk Muhasabah Diri dan Melakukan Perubahan serta Berinovasi Sehingga Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pengadilan Agama Buntok

63

PA. Buntok – (Senin, 19 April 2021) di hari ke 7 puasa Ramadhan 1442 Hijriyah Pengadilan Agama Buntok dalam mengsisi kegiatan spiritual di lingkungan Pengadilan Agama Buntok di bulan Ramadhan 1442 H melaksanakan kegiatan sholat dzuhur berjamaah di mushola Pengadilan Agama Buntok yang dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (kultum) tiba giliran Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I ( Hakim) sebagai Narasumber dan Moderator Sri Hidayanti,S.H.I ( Panitera Muda gugatan)


Dalam kesempatan kali ini Narasumber Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I menyampaikan kultumnya “Dengan Berpuasa, Ketua Zona Integritas mengajak Seluruh Pegawai Pengadilan Agama Buntok untuk Muhasabah diri dan Melakukan Perubahan serta Berinovasi”

Ma’asyiral muslimin wal muslimat jama’ah sholat duhur yang dirahmati Allah SWT.Di kesempatan kali ini, Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I. mengajak kepada diri sendiri dan para jama’ah untuk muhasabah diri masing-masing. Bulan suci Ramadan merupakan bulan diperuntukkan kepada umat nabi Muhammad untuk merenungkan dan memperhatikan hal-hal yang buruk yang telah dilakukan sebelumnya atau mengevaluasi kesalahan-kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَىٰ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَآثَارَهُمْ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُّبِينٍ 12

Artinya: Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Pada ayat tersebut Allah menyampaikan dengan mudahnya menghidupkan orang-orang mati di hari kiamat kelak. Dalam tafsir Ibn Katsir juga dijelaskan pada penggalan إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَىٰ sesungguhnya Allah SWT akan/telah menghidupkan hati yang mati atas kekufuran kepada orang yang dikehendaki, Jika hati telah mati dengan kesesatan-kesesatan maka Allah akan/telah memberikan petunjuk menuju jalan yang haq.
Kemudian renungan siang ini adalah sudahkah hati ini menuju jalan Allah dengan melakukan hal-hal yang baik? bukankah segala perbuatan telah dicatat dan meninggalkan bekas-bekas bagi anak cucu, termasuk bekerja di Pengadilan Agama Buntok dari tahun ke tahun apa telah meninggalkan sesuatu yang baik?


Mari mulai hari ini diniatkan dalam hati dan minta petunjuk sang Ilahi Rabbi untuk mengubah pola pikir dan budaya kerja yang kurang baik menuju pola pikir perubahan ke arah yang lebih baik, para pihak bak raja, pegawai mempunyai mindset keluar dari zona nyaman dan membudayakan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) serta 5R (ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin) dalam setiap saat di Pengadilan Agama Buntok.
Semoga Allah memberikan kemudahan terhadap catatan-catatan setiap pegawai Pengadilan Agama Buntok di Lauh Mahfuzh dan meninggalkan bekas-bekas yang akan selalu dikenang dengan inovasi terkini baik di bidang teknologi maupun tidak, bagi setiap generasi Pengadilan Agama Buntok saat ini maupun selanjutnya disebabkan bekas (atsar) tersebut memudahkan pelayanan kepada masyarakat kabupaten Barito Selatan.

Tidak jadi soal, berpuasa akan menghambat perubahan namun sebaliknya dengan berpuasa semakin produktif dan membuat perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat (خير الناس أنفعهم للناس). Tidurnya orang berpuasa saja mendapatkan pahala, semoga seluruh pegawai Pengadilan Agama Buntok bekerja di siang hari dengan berpuasa dan ibadah sholat tarawih di malam hari mendapatkan ganjaran yang berkali-kali lipat dan kelak dikumpulkan Allah SWT di surga-Nya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin.
Kultum dilaksanakan pada jam istirahat pukul 12.00 – 12.30 WIB dan setelah berakhir maka semua pegawai kembali kepada aktifitasnya masing-masing.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Klik Disini ya
Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?